Rabu, 22 Mei 2013

Sentuhan Kemewahan Ala Nissan March

Info Pemesanan:
Danny_Nissan
Hp:085246021220 / 05427189440
Pin BB : 27CBC6CC



Nissan March 1.2 VL A/T
Mesin : 1.198 cc 3-silinder, 79 dk
Torsi maksimum : 120 Nm/4.400 rpm
0-100 km/jam : N/A
Konsumsi bbm : N/A
Transmisi : Otomatis CVT/FWD
P x L x T : 4.410 x 1.665 x 1.515 mm
Wheelbase : 2.450 mm
Ground clearance : 141 mm
Ukuran ban : 175/60 R15
Harga : Rp 185 jutaan
Pionir bukan berarti bisa dengan mudah menjadi pemimpin pasar di kelasnya. Salah satunya adalah posisi Nissan March yang telah hadir sejak tahun 2010 silam. Seiring waktu, sekarang posisinya diganggu oleh Mitsubishi Mirage, Honda Brio, dan Toyota Etios Valco.

Di Bangkok International Motor Show 2013 bulan Maret lalu telah muncul Nissan March facelift. Inikah upaya Nissan menahan laju rivalnya di segmen Small Hatchback?

Sentuhan paling besar terdeteksi di depan. Bisa dikatakan seluruh panel bumper dan gril March berganti wajah baru. Lekukannya lebih sporty dan dinamis. Lebih tebal dan seperti ingin menonjolkan kekokohan bodinya.

Kisi udara trapezoidal besar mendominasi bumper depan. Lekukannya seirama dengan desain foglamp segitiga yang terlihat mewah dan menyatu dengan desain keseluruhan bumper. Sangat berbeda dengan model yang ada sekarang yang sangat konservatif.

Gril bermotif sarang tawon memberi kesan kencang. Untuk memberikan nuansa mewah, diberi lis krom seperti huruf V di tengahnya. Bentuk ini merupakan bahasa desain global Nissan. Guna mengikuti alur gril dan bumper, lampu depan juga dibentuk ulang.

Ke belakang, sentuh­an juga terlihat pada desain bumper. Lekukannya dibuat tebal dan dinamis, jauh dari kesan konvensional seperti pada model sekarang. Sentuhan juga diberikan pada desain lampu belakang dengan rona LED.

Masuk ke dalam, Anda akan disuguhi nuansa kabin mewah. Tak lain berkat ubahan pada desain dasbor. Tidak banyak, hanya sentuhan pada kisi AC di tengah dan kontrol audio di bawahnya.

Jika sebelumnya bulat, sekarang kisi AC berubah kotak. Demikian pula dengan head unit yang tadinya berlekuk sporty, sekarang cukup kotak saja. Tombol AC climate control di bawahnya tetap sama. Hanya baluran piano-finished mengangkat level kemewahannya. Tak luput, setir dan kontrol audio di sisi kirinya mendapatkan sentuhan perubahan.

Tanpa perubahan pada sasis, dimensi March pun tidak berubah. Memang bukan yang terbaik di kelasnya. Namun kabin belakang masih cukup memadai untuk keluarga kecil. Pun dengan akomodasi bagasi pas. Oh ya, di Thailand terdapat pilihan dua kelir kabin, yakni hitam dan beige.

March masih ditenagai mesin HR12DE 1.198 cc 3-silinder bertenaga 79 dk pada 6.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 4.000 rpm. Versi matik dari model yang sekarang beredar di Indonesia mencatat figur konsumsi BBM 15,4 km/l untuk dalam kota dan 19,8 km/l untuk tol. Sedikit mengecewakan, akselerasi 0-100 km/jam nya hanya 17,73 detik.

Itu semua lantaran March yang ada di Indonesia saat ini mengadopsi transmisi otomatis 4-speed konvensional. Padahal, di Thailand ia telah menggunakan transmisi CVT modern yang dikenal efektif mengatur rasio sabuk baja. Mekanismenya juga telah menganut sub-planetary system. Di dalamnya terdapat pengaturan rasio gigi akhir yang membantu mengoptimalkan tenaga mesin yang keluar sesuai kebutuhan pengendara­nya.

Di Thailand, tipe VL telah dilengkapi rem ABS+EBD+BA, keyless entry, tombol Start/Stop, MID, sensor parkir, serta dual airbags di seluruh tipe. Tipe VL A/T bertransmisi X-Tronic CVT ini dihargai Rp 185 jutaan. Lantas, kapan Nissan March facelift masuk Indonesia? Mestinya paling lambat di ajang IIMS 2013 bulan September nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar