Kamis, 03 Juli 2014

Memilih Oli Untuk Mobil Anda

INFO NISSAN BALIKPAPAN 

DANNY 085246021220

PIN BB 73E84A2B

Salah satu perawatan yang wajib dilakukan untuk mobil Anda dalah mengganti oli mesin secara rutin. Karena selain sebagai pelumas mesin yang berfungsi untuk mengurangi gesekan, fungis oli pada mobil juga sebagai pendingin, pelindung karat, pembersih dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin.
Berbagai macam merk oli mobil telah dijual di pasaran, dan hal ini ditambah dengan banyaknya varian dan spesifikasi oli. Hal tersebut menimbulkan kebingungan bagi para pemilik mobil untuk memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil mereka. Dan, bahkan ada sebagian berkecenderungan bahwa harga oli yang paling mahal adalah yang terbaik, padahal belum tentu oli tersebut cocok dengan spesifikasi mobil mereka.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih oli mobil Anda :
  1. Bacalah buku manual yang ada pada mobil. Disitu pasti ada spesifikasi mesin mobil, teknologi, serta oli yang cocok. Merk apapun, pada dasarnya sama asalkan spesifikasinya bisa diterima oleh mesin mobil kita.
  2. Perhatikan kode API ( American Petroleum Institute , kode ini merupakan kode standard untuk menentukan karakteristik oli. Kode ini terdiri dari 2 huruf yang diletakkan di belakang kode “API” contohnya : “API SG: atau “API CH”. Huruf pertama menandakan penggunaan oli untuk mesin bensin (S) dan diesel (C) dan huruf keduanya menandakan karakter terbaru dari Oli, misalkan API SJ merupakan jenis oli lebih baru ( biasanya lebih baik ) dari API. Catatan, bahwa semakin baru oli maka kode huruf ke 2 semakin menjauhi huruf A, atau mendekati huruf Z.
  3. Untuk mobil dengan berteknologi terbaru ( turbo, supercharger, DOHC, VVT, VVTI dll ), API SM lebih cocok digunakan karena memberikan kontrol pada endapan dan temperatur tinggi yang baik. Dianjurkan untuk memakai oli sintetik.
  4. Perhatikan kode kekentalan / Viskositas Oli (SAE), hal ini berguna untuk mengetahui kemampuan bekerja oli pada berbagau suhu. Tingkat daya tahan oli terhadap suhu dinyatakan dalam SAE ( Society of Automotive Engineers ), misalkan pada kemasan tertulis SAE 5W-40, ini berarti tanda 5W ( winter ) bahwa pada suhu rendah (dingin) oli akan tetap memiliki kekentalan 5 dan pada suhu tinggi (panas) oli akan berada pada tingkat kekentalan 40. Semakin kecil jarak kekentalan oli maka semakin baik kualitas oli tersebut. Dan, untuk mobil yang memakai teknologi tinggi (VVT, VVTi dsb) sebaiknya menggunakan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30.
  5. Boleh saja mengganti oli asalkan oli tersebut memiliki kode kekentalan (SAE) dan kode API yang sama.
—Demikianlah, semoga bermanfaat—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar