Sedari awal, Nissan Murano telah fasih menghadirkan impresi akan kemewahan. Posturnya khas SUV yang gagah, lekuk tubuhnya atletis lagi proporsional, dan wajah anyar yang disematkan Nissan pada Medium Luxury SUV-nya ini sukses menjadikan Murano sebagai mobil rupawan nan elegan.
Meski di Indonesia ia merupakan Murano pertama yang keluar dari showroom ATPM, namun secara global ia adalah Murano generasi kedua setelah pendahulunya tutup usia di 2007 lalu.
Deteksi paling mudah untuk melihat perubahannya adalah sektor wajah. Headlamp kini tak lagi berposisi vertikal namun sudah melebar seirama garis gril yang memenuhi tampilan muka.
Lampu Xenon dengan warna khas putih kebiru-biruan selain fungsional melawan pekatnya malam, namun seolah turut jadi penanda kalau SUV yang satu ini diperuntukkan bagi kalangan atas.
Dan di kabin, kesan mewah itu baru benar-benar terlihat. Keberadaan jok kulit amat membuai bagi pecandu kenyamanan. Di bawah, karpet yang menutupi lantai terbuat dari beledu tebal nan lembut. Kami pun tak segan melepas sepatu untuk menikmati asyiknya membenamkan telapak kaki di alas tersebut.
Apalagi legroom luasnya membuat gerak kaki begitu leluasa sehingga berada di kabin untuk waktu yang lama adalah hal menyenangkan.
Sumber tenaga menggunakan mesin VQ35DE. Unit V6 berkapasitas 3.498 cc ini adalah mesin yang sama dengan milik Nissan Elgrand. Namun ada perbedaan setting komputer mesin demi mengejar karakter SUV yang lebih agresif. Sayangnya, setting-an itu membuat tenaga Murano lebih kecil 24 dk dan defisit torsi 8 Nm dibanding Elgrand.
Tapi jangan khawatir, karena keasyikan mengemudi Murano justru luar biasa. Ia dibekali sistem penggerak empat roda. Jika komputer mendeteksi adanya kemungkinan selip, maka daya mesin akan didistribusikan ke roda yang memiliki traksi kuat.
Pembagiaanya beragam, mulai dari 100:0 untuk depan, hingga pembagian rata 50:50 ke poros depan dan belakang. Cengkeraman ban pun senantiasa terjaga dan pengendalian selalu terasa tajam.
Meliuk di kecepatan tinggi dengan kondisi jalan yang basah sehabis hujan pun tetap kami lakukan dengan penuh percaya diri.
Tapi ingat, Murano bukanlah SUV heavy duty. Gerak empat rodanya bukanlah diperuntunkkan bagi lintasanoff-road parah, melainkan untuk mempertahankan kendali penuh saat berhadapan dengan lintasan licin akibat salju atau hujan di perkotaan.
Tata suara Bose dengan 11 speaker dan 1 subwoofer melantunkan nada jernih dan bening. Kami terlena mendengarkan aneka jenis musik mulai dari jazz yang menenangkan hingga hentakan hip-hop yang penuh semangat.
Tak lupa sunroof besar di atap untuk menambah impresi berkendara. Bukaannya cukup besar untuk mengundang udara segar masuk ke kabin. Tapi kami tidak menyarankan untuk membukanya di atas 80 km/jam karena hembusan angin dan intrusi suara yang masuk akan merusak kenyamanan.
Nissan Murano 3.5 Xtronic CVT | |
Harga | Rp 800.500.000 |
Panjang/wheelbase | 4.860 mm/2.825 mm |
Lebar/tinggi | 1.885 mm/1.730 mm |
Mesin/kapasitas | V6/3.498 cc |
Tenaga maksimum | 256 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 336 Nm/4.400 rpm |
Transmisi | 6 speed CVT/AWD |
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep | 82/NA/full size |
Bobot | 1.885 kg |
0-100 km/jam | 8,67 detik |
0-60 km/jam | 4,54 detik |
60-80 km/jam | 1,84 detik* |
80-100 km/jam | 2,27 detik* |
100-120 km/jam | 2,77 detik* |
Pengereman (100-0 km/jam) | 45 meter |
Konsumsi bbm tol/dalam kota | 10,5/6,5 km/l |
Airbag/ABS/EBD/BA | 6/ada/ada/ada |
Traction control/stability control | Ada/ada |
AC climate control/dual zone/pelek alloy | Ada/ada/ada (18 inci) |
Monitor/DVD player/hard disk | 7 inci/ada/tidak |
Cruise control/pintu bagasi elektrik | Ada/ada |
Headlamp leveling/HID Xenon/wiper rain sensor | Ada/ada/ada |
Foglamp/spion/pelipat spion elektrik | Ada/ada/ada |
On-board computer/smart key/immobilizer | Ada/ada/ada |
Setir multifungsi/adjustable reach/rake | Ada/ada/ada |
Jok elektrik/heater/kamera parkir | Ada/ada/ada |
Auto door-lock/sunroof | Ada/ada |
Catatan: * = kickdown |
RIVAL | |
Lexus RX350 | |
Mesin | 3.456 cc V6, 277 dk |
0-100 km/jam | 7,91 detik |
Harga | Rp 1,152 M |
+ | Akselerasi, efisiensi bbm, fitur lebih lengkap |
- | Harga, kehalusan transmisi |
FIRST OPINION
Inilah jenis mobil yang bisa membawa Anda pergi kemanapun Anda mau dengan tetap menjaga Anda dalam bingkai kemewahan dan kenyamanan. Potensi mesin, pengendalian gerak empat roda dan perpindahan halus khas CVT pun menjamin wajah Anda tersenyum. Terakhir, harganya terasa sangat affordable di saat rival dikelasnya kebanyakan berada di rentang lebih dari Rp 1 miliar.
SEKILAS PANDANG
- Tersedia lima pilihan warna yaitu Tinted Bronze, Brilliant White Pearl, Super Black, Platinum Graphite, Brilliant Silver
- Hanya tersedia 1 varian
- Harga on the road Jakarta belum termasuk Pajak Progresif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar